Senin, 12 Oktober 2009

7 Kesalahan Memasak Beserta Tips-nya!!

# Kesalahan 1 :

Mengoreng dalam minyak yang belum panas. Tak perduli pake penggorengan datar atau cekung, makanan akan menyerap lebih banyak minyak hingga jadi lebih berat dan berlemak bila digoreng pada suhu dibawah sekitar 176°C.

Yang harus dilakukan :

Untuk mendapatkan panas yang pas, gunakan minyak dengan titik asap tinggi yaitu suhu tertentu dimana minyak mulai mengeluarkan asap. Miyak bunga matahari, minyak kacang, minyak biji anggur dan minyak jagung dapat dijadikan pilihan.

Berikut tanda-tanda minyak sudah cukup panas :

Gunakan termometer atau lakukan tes sederhana, masukkan secuil bahan makanan yang akan digoreng. Jika potongan makanan tadi langsung mendesis, tandanya minyak sudah panas dan siap digunakan.

Jika terlanjur mencemplungkan bahan makanan sebelum minyak panas, secepat mungkin angkat dari rendaman minyak. Biarkan minyak panas dulu dan masukkan lagi bahan gorengan saat minyak sudah panas.

Kesalahan #2 :

Masakan kelewat berbumbu karena pakai bumbu kering, padahal diresep tercantum bumbu segar. Menambahkan 1 sendok teh oregano segar mungkin tidak masalah. Tapi tak sedikit bumbu yang justru akan kehilangan arom a khasnya bila dikeringkan.
Sedangkan jenis lainnya, seperti oregano dan tarragon malah akan semakin kuat aromanya dan jika digunakan terlalu banyak akan merusak citarasa sajian.

Yang harus dilakukan :
Ketika terpaksa mengganti bumbu, biarkan bumbu itu yang "bicara". Berikut petunjuk yang bisa diterapkan seputar penggunaan bumbu kering dan bumbu segar :

Untuk bumbu beraroma tajam saat kering, cukup gunakan ⅓ bagian bumbu segar. Sedangkan bumbu beraroma amat tajam, gunakan sedikit saja.

Cara terbaik menilai kuat atau tidaknya bumbu tertentu , tidak ada cara lain kecuali merasakannya sendiri. Jangan ragu gunakan lidah untuk mencicipinya.

Anda bisa menggugah ketajaman aroma bumbu kering dengan memanggang / menyangrainya di wajan selama 1-2 menit.

Kesalahan #3 :

Mengolah pasta dipanci kecil. Begitu bahan dimasukkan ke dalam panci berisi air mendidih, suhu air akan segera turun sendiri. Menambahkan banyak bahan ke dalam panci berisi sedikit air akan membuatnya berhenti mendidih. Akibatnya? Proses memasak berubah hingga spaghetti yang mengandung saripati akhirnya lengket.

Yang harus dilakukan :

Gunakan banyak air, biarkan bahan pasta mendapat kesempatan "berendam" di panci. Seberapa besar panci yang harus digunakan untuk merebus pasta? Patokannya, untuk mengolah ½ kg pasta, gunakan panci ukuran 4,5 liter.

Kesalahan #4 :

Tumis sayuran tidak menggugah selera. Air berlebihan pada sayuran saat berada pada wajan panas akan menghasilkan uap air yang membuat sayuran kehilangan kesegarannya.
Minyak panas juga menimbulkan percikan bila bersatu dengan air dingin yang berasal dari sayuran. Mau tak mau anda harus menghindarinya.

Yang harus dilakukan :

Untuk memperoleh hasil tumisan sayur tetap hijau menyegarkan, manfaatkan saringan untuk meniriskannya. Tunggu sampai wajan benar-benar panas sebelum memasukkan sayuran. Gunakan 1-2 menit agar sayuran tak kelewat matang.

Kesalahan #5 :

Mengisi wajan terlalu penuh saat menggoreng. Suhu panas akan terperangkap di seluruh permukaan wajan yang menghasilkan uap air. Padahal, saat menggoreng uap air justru menjadi musuh besar yang akan merusak warna akhir, sekaligus mengganggu citarasa masakan.

Yang harus dilakukan :

Untuk menyiasatinya, gunakan 2 wajan di 2 kompor secara bersama-sama. Bila merepotkan, gorenglah 2 kali. Untuk mencegah hasil gorengan pertama jadi dingin selagi menangani gorengan kedua, susun gorengan pertama di atas piring tahan panas, lalu masukkan dalam oven dengan suhu rendah.

Kesalahan #6 :

Penggorengan belum cukup panas hingga masakan jadi "benyek"
. Seharusnya, minyak dan permukaan wadah untuk menggoreng sudah cukup panas saat memasukkan masakan ke dalamnya. Panas yang cukup akan mengikat air dalam bahan makanan yang membuatnya mudah gosong.

Bahan makanan akan mudah lengket jika wajan masih dingin. Jika sudah lengket, jangan harap masakan bisa memiliki citarasa lezat sekaligus tampil cantik.

Yang harus dilakukan :

Biarkan seluruh permukaan wajan panas merata selama beberapa saat sebelum menuangkan minyak. Permukaan wajan sudah cukup panas bila dipercikkan sedikit air dan butiran air akan langsung mendesis lalu menguap.

Saat itulah anda bisa memasukkan minyak goreng. Tunggu sampai minyak beriak secara merata. lalu, masukkan bahan makanan yang akan digoreng. Bila menggunakan wajan anti lengket, masukkan minyak selagi wajan masih dingin. Mengapa? Lapisan khususnya dikhawatirkan akan mengeluarkan toksin tertentu bila dipanaskan dalam keadaan kosong.

Kesalahan #7 :
Tak membaca resep secara cermat sebelum mulai memasak. Membaca resep ibaratnya melihat peta sebelum bepergian ke luar kota. Kecelakaan saat masak biasanya terjadi karena keterangan detail yang tertulis di resep justru terlewatkan.

Yang harus dilakukan :
Sebelum mengenakan peralatan kerja, ambil jeda beberapa menit untuk memfokuskan perhatian pada detail yang tercantum di resep.

Baca secara cermat, apa yang harus dilakukan (memotong, mengayak, atau mengocok) sebelum bahkan selama memasak.

Siapkan semua bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Bila menyangkut suhu dan lama memanggang, anda tak bisa main tebak atau berimprovisasi seenaknya, bukan??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar